MEDIA ONLINE
wb_sunny

Breaking News

Pembinaan Gugus Unggul Camat Cisoka "Gugus Depan Unggul Melahirkan Peserta Didik Unggul dan Berkarakter "

Pembinaan Gugus Unggul Camat Cisoka "Gugus Depan Unggul Melahirkan Peserta Didik Unggul dan Berkarakter "



Kabupaten Tangerang,- iNews45.com ||
Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang menyelenggarakan pembinaan gugusdepan unggul wilayah I bertempat di aula Kecamatan Cisoka pada hari Selasa hingga Rabu (06-07/06/2023). Peserta pembinaan adalah para pembina gugusdepan gerakan pramuka.

Camat Cisoka, Encep Sahayat mengungkapkan bahwa menurut undang-undang nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, gugusdepan merupakan pusat pendidikan kepramukaan bagi peserta didik agar memiliki karakter, kebangsaan dan kecakapan hidup dan peduli terhadap lingkungannya. Pencapaian peserta didik yang berkarakter, berkebangsaan dan berkecakapan serta peduli terhadap lingkungan itu merupakan amanah dari tujuan gerakan pramuka. Peserta didik harus memiliki keunggulan diri sehingga mampu menjadi generasi muda yang potensial bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara. Untuk mencapai keunggulan tersebut, diperlukan pusat pendidikan yang unggul pula sehingga dapat mendidik peserta didik dengan maksimal.

" Gugusdepan unggul merupakan pusat pendidikan bagi peserta didik yang menjalankan peran dan fungsinya sesuai dengan tata aturan gugusdepan dan mengedepankan layanan kepada peserta didik. Keunggulan gugusdepan ditandai oleh keunggulan sumber daya manusia ( SDM ), manajemen dan administrasi, dana, sarana, prasarana, kegiatan, proses, prestasi dan kemitraan. Dengan begitu, dari gugusdepan tersebut, lahirlah peserta didik yang unggul, berkualitas, percaya diri, berkarakter , berkebangsaan, memiliki kecakapan hidup dan peduli terhadap lingkungannya," ungkap Encep.

Menurut Camat Cisoka yang juga Ketua Majelis Pembimbing Ranting Gerakan Pramuka Cisoka, bahwa selama ini masih banyak gugusdepan yang belum maksimal menjalankan peran dan fungsinya sebagai pusat pendidikan, banyak peserta didik digugusdepan belum terlayani dengan baik sehingga kecakapan hidup yang harusnya dimiliki peserta didik belum sesuai harapan. Di samping itu, masih banyak pembina gugusdepan yang belum memahami peran gugusdepan sebagai pusat pendidikan. Keorganisasian gugusdepan masih belum dijalankan dengan baik.

"Problematika gugusdepan perlu mendapat perhatian dan perlu diatasi agar gugusdepan mampu mengemban peran sebagai pusat pendidikan bagi peserta didik," ujar Encep(*/£ben)

Tags

Independent news 45

" Situs berita yang menitikberatkan pada kecepatan, kelengkapan, dalam penyajian berita yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatutan. "

Posting Komentar