MEDIA ONLINE
wb_sunny

Breaking News

Tingkatkan Minat Baca, Pemdes Tegal Maja Sediakan Perpustakaan Desa

Tingkatkan Minat Baca, Pemdes Tegal Maja Sediakan Perpustakaan Desa



Serang, INEWS45.COM | Dalam upaya meningkatkan minat baca dari usia dini, Pemerintah Desa Tegal Maja, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten menyediakan perpustakaan desa yang berlokasi di halaman kantor desa tegal maja, kecamatan Kragilan kabupaten serang-Banten.

Dikatakan Kepala Desa Tegal Maja, H. Muhamad Ikhsan, perpustakaan desa yang berada di tengah-tengah masyarakat memberikan banyak kebermanfaatan. Perpustakaan desa tidak hanya sebagai lembaga informasi yang menyediakan koleksi buku untuk dibaca oleh masyarakat sehingga dapat meningkatkan minat baca, lebih dari itu hadirnya perpustakaan desa juga berfungsi untuk pemberdayaan masyarakat. 

"Perpustakaan desa melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui tiga aspek yaitu aspek bina manusia, aspek bina lingkungan, dan aspek bina kelembagaan. Hal tersebut tercermin dari program-program peningkatan kesejahteraan melalui ke tiga aspek tersebut," kata H. Ikhsan, Jum'at (16/09/2022).

Ditambahkan Kepala Desa Tegal Maja, kegiatan perpustakaan desa bertujuan untuk mendorong minat baca anak-anak agar lebih gemar membaca, khususnya anak-anak yang berada di desa tegal maja. Dimana konsep perpustakaan yang kita berikan yakni berada diruang terbuka, sehingga bagi mereka yang membaca bisa merasakan keasrian alam yang begitu indah.

"Di perpustakaan desa ini disediakan buku untuk anak-anak dengan banyak gambarnya. Tentu saja kedepan pemerintah desa akan bekerjasama dengan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Sekolah Dasar (SD) yang ada diwilayah desa tegal maja," tambahnya.

Masih kata H. Ikhsan, untuk buku bacaan yang disediakan, pihaknya bekerja sama dengan Perpustakaan Daerah (Perpusda) Propinsi Banten untuk menyediakan buku. Dan untuk buku yang disediakan, bisa di upgrade atau ditukar dengan buku yang baru selama tiga bulan sekali.

"Bukunya selalu di upgrade pertiga bulan. Sehingga minat pembaca akan lebih menyenangkan dengan adanya pembaharuan buku yang disediakan," imbuhnya.

Ditempat yang sama Bidang Layanan Perpustakaan Daerah Provinsi Banten Dadang mengucapkan, banyak terima kasihnya kepada Pemerintah desa tegal maja, kecamatan kragilan, kabupaten Serang - banten yang sudah menyediakan tempat dan bekerja sama dengan Perpusda untuk menywdiakan buku bacaan.

"Ini merupakan program Silang Layan dari Perpusda Propinsi Banten. Alhamdulillah untuk peminat pembaca di jenjang semua umur mengalami peningkatan dari 1 persen menjadi 10 persen. Setelah masa Pandemi Covid-19 ini, minat baca dari masyarakat umum meningkat, perhari bisa mencapai 800 minat pembaca," ucapnya.

(*/Yogi)

Tags

Independent news 45

" Situs berita yang menitikberatkan pada kecepatan, kelengkapan, dalam penyajian berita yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatutan. "

Posting Komentar