MEDIA ONLINE
wb_sunny

Breaking News

Akhirnya Kejari Serang Kabulkan Penangguhan Penahanan Muhyani

Akhirnya Kejari Serang Kabulkan Penangguhan Penahanan Muhyani



SERANG, iNews45.com || Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang akhirnya mengabulkan penangguhan penahan Muhyani (58) warga Kampung Ketileng, Kelurahan Teritih, Kecamatan Walantaka, Kota Serang, Provinsi Banten. Rabu (13/12/2023).

Warga Walantaka, Kota Serang, bernama Muhyani yang saat ini diberikan penangguhan ditahan di Rutan Kelas IIB Serang karena membela diri dari maling yang membawa golok. Muhyani melawan pencuri yang diketahui bernama Waldi menggunakan gunting hingga pelaku tewas.

Di Polres Serang Kota, perkara ini kemudian naik ke penyidikan dengan ancaman Pasal 351 KUHP. Selama penyidikan, Muhyani hanya diwajibkan melapor setiap Senin dan Kamis. Saat ini perkara Muhyani sudah tahap dua di Kejari Serang dari pelimpahan Polresta Serang Kota.

Kejari Serang Kabulkan Penangguhan Penahanan Petani Yang Bela Diri Saat Lawan Maling

Kepala Kejaksaan Negeri Serang melalui Kasi Intel Kejari Serang, Rezkinil mengatakan penangguhan ini merupakan tindaklanjut atas permohonan penangguhan yang diajukan oleh pihak keluarga. Ia mengungkapkan, permohonan penangguhan diberikan dengan syarat jika keluarga dapat menjamin tersangka Muhyani akan hadir selama persidangan.

“Kenapa ditahan di kita karena belum adanya permohonan dari keluarga sebelumnya. Karena tidak ada permohonan tentu jaksa khawatir pada saat itu. (Namun) ketika keluarga sudah memohon ada pertimbangan khusus dari JPU makanya dikabulkan,” kata Kasi Intel Kejari Serang Rezkinil.

Rezkinil menambahkan jika diterimanya permohonan penangguhan merupakan pertimbangan subjektif dari Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang menangani perkara.

“Apabila dianggap oleh penuntut umum itu bisa diberikan (Penangguhan Penahanan) berdasarkan permohonan dari keluarga dengan syarat-syarat yang telah ditentukan dan tentunya itu dicantumkan dalam permohonan,” imbuhnya.

Sementara itu, Rohili, anak dari Muhyani mengatakan sangat senang bahwa ayahnya sudah dapat keluar dari Rumah Tahanan (Rutan) Serang dan kembali ke rumah.

Walaupun nantinya masih harus menghadapi persidangan, ia berharap sang ayah tidak divonis bersalah karena membela diri dari ancaman maling.

“Alhamdulilah udah bebas. Bapanya masih syok jadi belum bisa diberi tanggapan. Bebas mutlak pengennya mah semoga jangan sampe (divonis bersalah) orang bela diri ko dijadikan tersangka,” kata Rohili.

Diberitakan sebelumnya, Nasib nahas menimpa Muhyani seorang pria paruh baya warga Kampung Ketileng, Kelurahan Teritih, Kecamatan Walantaka, Kota Serang Banten. Ia dipenjara lantaran menusuk salah seorang maling yang menyerangnya saat mencuri hewan ternak miliknya.

Diketahui, pada tanggal 24 Februari 2023 lalu warga menemukan sesosok jasad mayat tergeletak di area persawahan Kelurahan Teritih dengan luka tusukan benda tajam di bagian dada berikut sebilah golok yang berada tidak jauh dari lokasi mayat.

Dari hasil autopsi yang dilakukan Satreskrim Polresta Serang Kota di rumah sakit bhayangkara Polda Banten diketahui jasad mayat tersebut berjenis kelamin laki-laki berinisial WB (30) warga Ciwandan, Kecamatan Ciruas, Kota Serang.

Berbekal itu, Satreskrim Polresta Serang Kota kemudian berhasil mengungkap kasus tersebut. Dimana WB merupakan pelaku pencurian yang terlibat pertikaian dengan warga yang mempertahankan hewan ternaknya dengan menggunakan sebilah gunting saat pelaku hendak membacok warga.

Selain itu, Satreskrim Polresta Serang Kota juga berhasil menangkap rekan WB yakni P yang saat itu ikut serta dalam melakukan pencurian dan sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Saat dikonfirmasi, Kanit Pidum Satreskrim Polresta Serang Kota Evander Parulian Sitorus S.T.r.K, menjelaskan bahwa, pihaknya sudah menjalankan proses penyidikan sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Bahkan kata Evander, selama proses itu, kata Evander Parulian Sitorus, semua tahapan dari mulai pengumpulan barang bukti dan pemeriksaan saksi baik pelapor dan terlapor dan semuanya itu telah tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

“Kasus Pak Muhyani ini, kami jalankan sesuai dengan aturan dari mulai pemeriksaan saksi juga terhadap Muhyani gimana prosesnya kami sudah tuangkan dalam BAP,” kata Evander Parulian Sitorus, saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (8/12/2023). (*/Red)

Tags

Independent news 45

" Situs berita yang menitikberatkan pada kecepatan, kelengkapan, dalam penyajian berita yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatutan. "

Posting Komentar